Sel Kanker

Metastasis Sel Kanker

Penyakit kanker adalah penyakit ganas dalam tubuh yang ditandai dengan kelainan pertumbuhan sel dalam tubuh, sel mati dan tumbuh sel baru untuk menggantikan sel  yang mati adalah siklus wajar yang terjadi dalam tubuh,  kelainan sel adalah adanya  sel yang bermutasi  yang menimbulkan adanya siklus tidak wajar yang di tandai dengan kemampuan sel untuk:

1.Tumbuh tidak terkendali ( sel melakukan pembelahan diri  melebihi batas normal)

2.Menyerang jaringan organ biologis di sekitarnya

3.Berpindah/merembet  ke jaringan organ tubuh yang lain melalui peredaran  darah atau sistem limfatik, bila keaadan sudah demikian maka kanker sudah menyebar atau di sebut metastasis.

Tiga kemampuan terhadap sel yang bermutasi di atas adalah sebagai tanda dan karakter kanker  ganas, keganasan inilah yang membedakankannya dengan tumor.

Pada intinya manifestasi dari kanker adalah  timbulnya jaringan baru berupa benjolan ( kecuali kanker leukemia)  yang terlihat dari luar maupun tidak terlihat karena letaknya. Jaringan baru tersebut bila ganas di sebut dengan kanker dan bila sifatnya jinak  di sebut tumor.

Spesialisasi Cabang ilmu kedokteran yang secara khusus mempelajari pengobatan kanker, diagnosis kanker , perawatan kanker , dan pencegahan kanker disebut  Onkologi  dan dokter Spesialis yang menagangani kanker bergelar dokter Spesialis Onkologi  ( SP.Onk)

Gejala Penyakit Kanker bisa  berbeda beda, bergantung pada lokasi dan karakter keganasan, serta  tingkatan dan ada tidaknya metastasis atau penyebarannya. Diagnosis penyakit kanker pada umumnya  memerlukan  pemeriksaan mikroskopik jaringan dengan melakukan biopsi.

Berikut macam-macam penyakit  kanker dan  tanda-tanda yang menyertainya:

1.  Kanker Payudara

Tanda-tanda Kanker Payudara antara lain : Munculnya benjolan diseputaran payudara,  kulit payudara mengalami penebalan , payudara mengalami perubahan bentuk, sering terasa gatal, sering berwarna kemerahan, dan rasa sakit yang tidak ada hubungannya dengan menyusui atau menstruasi.

2. Kanker Mulut

Tanda-tanda Kanker Mulut antara lain : Sering mengalami sariawan pada mulut, lidah dan gusi yang tidak sembuh-sembuh sampai jangka waktu yang cukup lama.

3. Kanker  Tenggorokan ( Nashofaring)

Tanda-tanda Kanker  Tenggorokan ( Nashofaring) antara lain : Batuk terus menerus, suara serak dan parau dan lama-lama menghilang

4. Kanker Otak

Kanker Otak merupakan Jenis kanker yang  menakutkan dan seringkali  di anggap sebagai penyakit yang tak tersembuhkan akibat seringnya  judul film pada masa lalu di mana seseorang yang terkena penyakit kanker otak maka dalam waktu tertentu akan mati. Sekarang kanker otak sudah banyak yang bisa di sembuhkan bahkan dengan terapi herbal kanker

Tanda-tanda Kanker Otak antara lain : Rasa sakit kepala terus menerus pada pagi hari, dan agak berkurang pada tengah hari, epilepsi, badan lemah, mati rasa pada lengan dan kaki, kesulitan berjalan, sering mengantuk, perubahan tidak normal pada penglihatan, perubahan pada kepribadian, perubahan pada ingatan, dan terasa sulit untuk berbicara.

5. Kanker Kandung Kemih

Tanda-tanda Kanker Kandung Kemih antara lain : Keluar darah pada saat buang air seni, rasa sakit atau perih pada saat buang air kecil, keseringan atau kesulitan untuk buang air kecil, dan terasa begitu sakit pada daerah kandung kemih.

6. Kanker Prostat

Tanda-tanda Kanker Prostat antara lain : Kencing tidak lancar, rasa sakit yang terus menerus pada daerah pinggang bagian belakang, daerah penis dan paha bagian atas.

7. Kanker  Testis (Buah Zakar)

Tanda-tanda Kanker Buah Zakar antara lain : adanya benjolan asing pada buah zakar, ukuran penampungan buah zakar yang membesar dan menebal secara mendadak, sakit pada perut bagian bawah, dada membesar atau menjadi lembek.

8. Kanker Paru-Paru

tanda-tanda Kanker Paru-paru antara lain : Batuk terus menerus, sering keluar dahak bercampur darah, sering mengalami sakit pada daerah dada.

9. Kanker Saluran Pencernaan

Tanda-tanda Kanker Saluran Pencernaan antara lain : adanya darah dalam kotoran yang ditandai warna merah terang atau hitam, Rasa tidak enak terus menerus disekitar wilayah perut, adanya benjolan pada daerah perut, rasa sakit setelah makan, dan adanya penurunan berat badan.

10. Kanker Darah (Leukemia )

Tanda-tanda Kanker Darah (Leukemia ) antara lain : muka sering pucat, kelelahan kronis, penurunan berat badan, mudah terkena infeksi, mudah terluka, rasa sakit pada tulang dan persendian, dan sering mengalami mimisan.

11.  Kanker  Jaringan Lunak

Tanda-tanda khusus yang dapat ditemui pada Kanker  Jaringan Lunak  adalah jika kanker sudah memasuki stadium lanjut. Itulah sebabnya  seringkali kita mendengar bahwa penanganan kepada pasien penderita Kanker  Jaringan Lunak  tampaknya kurang cepat. Kanker pada jaringan lunak, tanda-tanda yang paling umum biasanya adalah dengan ditemukannya benjolan pada kulit.

12.  Kanker  Thyroid

Tanda-tanda Kanker  Thyroid  antara lain  adalah adanya pembengkaan pada leher. Pembengkaan ini mungkin sekilas seperti penyakit gondok tetapi bisa diperiksakan ke dokter ini akan kelihatan bedanya. Selain itu, penderita kanker kelenjar tyroid biasanya juga akan mengalami perubahan suara. Lama kelamaan suaranya menjadi serak dan semakin lama seraknya semakin parah. Selanjutnya mereka juga akan mengalami kesulitan dalam menelan makanan karena perkembangan sel kanker di leher mempengaruhi kerja system  yang lainnya. Dan ynag paling parah adalah adanya pembengkaan kelenjar limfa yang dialami oleh si penderita.

Ada berbagai macam faktor penyebab terjadinya kanker thyroid. Salah satu penyebabnya ialah paparan radiasi dalam skala tinggi akibat radioterapi pada kanker leher dan kepala. Selain itu juga kecelakaan nuklir dapat mempertinggi resiko terjadinya kanker tersebut

Share